Jenis-Jenis Mesin Jahit Konveksi Kaos

Mesin jahit merupakan mesin yang fungsinya paling vital dalam usaha konveksi. Mesin ini menyatukan potongan-potongan pola kain, dijahit dengan benang hingga terbentuk  jahitan sesuai dengan pola dan bentuk yang diinginkan. Mesin jahit adalah bentuk teknologi yang menggantikan jahit tradisional dengan tangan.

 

Dalam perkembangannya, mesin jahit pun terus mengalami kemajuan. Mulai dari mesin jahit manual, yaitu mesin jahit tanpa listrik yang terdiri dari mesin jahit manual menggunakan tangan (mesin jahit duduk, dikayuh dengan tangan), mesin jahit kayuh (dikayuh dengan kaki), mesin jahit tangan (berbentuk seperti staples).  Selanjutnya mesin jahit elektrik, yaitu mesin jahit dengan tenaga listrik (menggunakan dinamo), dan yang tercanggih adalah mesin jahit otomatis atau mesin jahit komputer. Mesin ini mampu menjahit sesuai dengan perintah dari komputer yang bekerja secara otomatis. 

 

Dalam usaha konveksi dikenal beberapa jenis mesin jahit yang memiliki fungsi, kecepatan, dan hasil jahitan yang berbeda. Khusus untuk konveksi kaos dibutuhkan beberapa mesin jahit, antara lain sebagai berikut:

 

Mesin jahit high speed

Mesin jahit ini memiliki kecepatan tinggi dan baik bila digunakan untuk bahan kaos. Jahitan yang dihasilkan stabil dan rapi.

mesin-jahit-high-speed

 

Mesin obras

Jahitan yang dihasilkan mesin obras kaos ini mirip dengan jahitan mesin obras biasa, namun berbeda fungsi. Pada mesin obras kaos, selain berfungsi merapikan jahitan, juga digunakan untuk menjahit, terutama pada lipatan kain (lipatan lengan dan lipatan kaos bagian bawah). Pada mesin obras biasa hanya untuk merapikan jahitan dengan cara memotong tepian jahitan.

 

mesin-obras-kaos

.

Mesin jahit overdeck

Mesin jahit overdeck merapikan jahitan dengan menutup sempurna jahitan di atas permukaan kain. Pada kaos, jahitan overdeck digunakan untuk menjahit krah kaos bagian dalam. Krah kaos bagian dalam yang dijahit menggunakan mesin overdeck akan terlihat rapi menutupi jahitan, sehingga jahitan akan terlindungi, tidak mudah lepas, dan awet.

mesin-jahit-overdeck

 

Mesin jahit jarum dua rantai.

Mesin ini biasa digunakan untuk menjahit kaos-kaos distro. Mesin ini menghasilkan jahitan rantai dua baris. Kualitas jahitan yang dihasilkan sangat bagus dan halus. Jahitan dua rantai ini merapikan bagian bahu atas, yang menghubungkan krah dengan lengan kaos.

 

mesin-jahit-jarum-dua

Selain keempat mesin di atas, ada juga mesin pendukung, seperti mesin jahit lubang kancing untuk membuat lubang kancing pada polo shirt dan mesin jahit pasang kancing yang bisa secara otomatis memasang kancing.

 

Mesin jahit konveksi kaos memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Hasil jahitan yang dihasilkan pun berfungsi untuk merapikan bagian-bagian tertentu. Untuk itu, pemilihan penggunaan mesin jahit konveksi kaos haruslah memperhatikan kegunaan dan fungsi tersebut. Untuk kualitas yang  maksimal, sebuah konveksi kaos yang bagus biasanya memiliki mesin jahit konveksi kaos yang lengkap.

 

Sumber: http://konveksiandalas.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *